Jumat, 25 September 2015

Memperbaiki DVD Player Mati Standby

Memperbaiki  DVD Player Mati Standby. Baru saja saya selesai memperbaiki dvd player merk NIKO dengan kerusakan mati standby, kerusakan seperti ini sering juga terjadi pada dvd player dan pada umumnya dvd dengan merk cina, salah satunya seperti yang saya tangani ini yaitu dvd player merk NIKO.

Sekilas dvd ini tampak normal atau seperti tidak rusak dan di lihat seperti dvd di off kan tombol on/off nya, namun apabila dvd ini di tombol on/off nya tidak ada reaksi apapun alias digital dvd tidak menyala akan tetapi lampu indikator tetap menyala inilah yang di maksud kerusakan mati standby.


HTTP://DIVAIZZ.BLOGSPOT.COM

Kerusakan seperti ini dalam mencari sumber / letak kerusakannya bisa di bilang lumayan susah di karenakan kerusakan ini jarang terletak pada bagian power supply, otomatis power supply dalam kondisi normal apabila di cek output tegangan power supply juga normal-normal saja, dan seperti yang saya alami ini kerusakannya bukan dari pihak power supply akan tetapi pada blok MPEG.

Contoh Kerusakan


HTTP://DIVAIZZ.BLOGSPOT.COM


Kalau kerusakan terletak pada blok MPEG maka kita butuh kejelian serta ketelitian yang yang serius karena dari fisik komponen di MPEG yang begitu kecil serta jalur yang rumit. Apabila terjadi satu kesalahan bisa saja mengakibatkan kerusakan yang serius dan fatal.


Setelah tutup dvd player saya buka kemudian saya mulai mengerjakan dan memperbaiki kerusakan dvd tersebut, pertama untuk memastikan tegangan power supply saya cek terlebih dulu output dari power supply ternyata benar output power supply menunjukan bahwa keadaan power supply masih dalam kondisi normal dan bagus.

Kedua saya langsung menuju pengecekan pada bagian blok MPEG mulai dari jalur pcb serta komponen saya cek satu demi satu untuk memastikan keaadan komponen dan juga saya cek semua tegangan masuk yang menyupply bagian blok MPEG.

Setelah ceking sana ceking sini sampai blok MPEG saya otak-atik saya bolak-balik akhirnya saya menemukan dan mendapati satu komponen yang mengalami kerusakan atau mati, yaitu pada komponen transistor ss8550, di bagian blok MPEG yang saya perbaiki ini ada dua buah transistor ss8550. Letak trasistor bisa di lihat gambar di bawah ini :

 Letak Transistor SS8550. 


HTTP://DIVAIZZ.BLOGSPOT.COM


Komponen yang rusak sudah saya temukan dan saya lepas dari pcb, akan tetapi saya tidak punya cadangan akhirnya saya pun langsung menuju ke toko-toko elektronik terdekat untuk mencari part / komponen trasistor ss8550 ini, namun apa yang terjadi setelah muter-muter dari toko satu ke toko lainya ternyata ss8550 ini tidak ada entah habis atau memang tidak ada saya juga kurang paham.

Akhirnya sayapun pulang dengan tangan hampa alias tanpa membawa transistor ss8550 yang baru, lantas bagaimana nasib dvd player garapan saya ini? setelah sampai rumah dan saya tidak mendapatkan komponen penggantinya lalu saya istirahat sejenak sambil berfikir 2 X dan mencari solusi bagaimana supaya dvd player ini bisa kembali normal tanpa transistor ss8550.

Dari sekian lama saya berfikir akhirnya saya menemukan solusi agar dvd ini bisa kembali normal lagi seperti sedia kala, setelah saya simpulkan mendapat inisiatif yaitu mengganti transistor ss8550 tersebut dengan dioda. Dan pemasangan dioda tersebut seperti tampak gambar berikut :


 PEMASANGAN DIODA.


HTTP://DIVAIZZ.BLOGSPOT.COM


Dan begitu dioda tersebut selesai saya pasang kemudian saya coba nyalakan dan tombol on/off saya tekan lampu digital pun menyala lalu saya coba semua untuk tombol-tombol nya baik open, close, dsb juga normal semua saya masukan disc dan dvd player sudah bisa normal kembali seperti sedia kala.

HTTP://DIVAIZZ.BLOGSPOT.COM

Aaah...???"" tidak sia-sia juga perjuangan saya kali ini lega rasanya dapat menemukan solusi untuk dvd player mati standbay ini. Demikian pengalaman saya Memperbaiki  DVD Player Mati Standby dan semoga bermanfaat

6 komentar:

  1. Dioda yg terpasang untuk pengganti part itu,dioda ukuran brpa gan

    BalasHapus
  2. Terimakasih gan ilmunya bermanfaat kasus sama dvd merk dat
    Dioda 1amper

    BalasHapus
  3. Punyaku tetap gan dvd merk gmc

    BalasHapus
  4. Nmpang nnya sya pnya dvd mrek niko mati stanby trus di IC mpeg pnas apnya ya?

    BalasHapus
  5. min kalo dvd LG saya tidak ada reaksi di tombol on off kenapa ya?padahal sblmnya nyala

    BalasHapus