Jumat, 09 Oktober 2015

Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total


   Dizaman moderen ini banyak alat-alat Elektronik pendingin di ruangan,baik itukipas angin,dan lain lain,mungkin kendala buat kita adalah,bagaimana apabila alat tersebut tidak berfungsi atau rusak, nah disinilah solusinya cara agar kita tidak perlu panggil mekanik untuk membetulkannya dan juga meringankan biaya pengeluaran .

   Yang pertama yang saya bahas adalah bagaimana cara memperbaiki kipas angin mati total. Apabila kita menemukan keluhan seperti diatas,maka yang harus kita lakukan memperbaikinya dan menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan dalam membongkar/membuka yaitu Obeng min (-) dan obeng (+) Kemudian Tang atau penjepit,dan Multitester.

    Kemudian apabila telah terkumpul semua alat-alatnya mulailah untuk mengerjakannya. Pertama yang harus  dilakukan adalah kita cek bagian kabel terlebih dahulu ,kemungkinan kabel tersebut putus dan tidak dapat mengaliri listrik untuk menggerakan motor/gulungan kipas,apabila kabel ternyata tidak putus ,kita lanjutkan kearah kapasitor lihat dan ukurlah  dengan multitester mati atau tidak




,tetapi yang sering saya alami kalau mati total jarang kapasitor mati atau rusak biasanya adalah gulungannya putus atau kebakar. Nah kalau demikian terjadi pada gulungan jangan langsung kita ganti gulungannya ,tetapi kita buka gulungan dinamo dan ukurlah dengan multitester,jangan lupa saat mengukur pastikan kabel yang setrum pada bagian min atau warna hitam pada multitester seringnya warna kabel hitam adalah setrum kemudian plus(+) yang warna merah pada multitester kita tempelkan ke warna kabel merah ,putih,dan  biru harus bergantian jangan bersamaan,Apabila multitester menunjukan jarum  tidak berjalan kekanan berarti sudah pasti gulungannya ada yang putus,namun arah putaran yang ada ditengah-tengah harus kearah X1K atau X10K.


  Pada gambar menujukan bahwa tali yang menempel terpaksa harus diputuskan karena didalam gulungan biasanya terdapat piuse (sikring), apabila telah ketemu, ganti  atau sambung atau dipulir bagian kepala sikring namun kalau belum mahir lebih baik jangan takut takutnya lebih memperparah sebaiknya ganti aja. Setelah diganti rapihkan seperti semula dan hidupkan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar