Jumat, 09 Oktober 2015

Cara Membuat Lampion Terbang

www.indiana.edu
Artikel ini secara umum akan membahas cara membuat lampion terbang. Namun sebelum membahas topik tersebut, ada baiknya kita mulai dari pengertian dan beberapa hal yang perlu kita tahu tentang lampion.

Pengertian Lampion

Lampion Cina
ishareimage.com
Lampion adalah lampu buatan yang pencahayaannya bersumber dari lilin dan dibungkus dengan kertas khusus. Kalau berbicara lampion memang tidak bisa lepas dari budaya Cina, khususnya Imlek dan Cap Go Meh. Iya, dalam sejarah disebutkan bahwa pemasangan lampion sudah dilakukan di Cina sejak zaman Dinasti Xi Han, sekitar abad ke-3 masehi. Makanya banyak yang menyebut lampion Cina.
Umumnya lampion berbentuk bulat dan sumber pencahayaanya dari lilin. Namun di era modern, bentuk lampion sudah sangat beragam. Sumber pencahaayaannya pun banyak yang menggunakan lampu listrik.

Macam-macam Lampion

lampion perahu
happybirthdaywishesimages.com
Lampion itu dari sisi jenis dan bentuknya bermacam-macam. Berikut pembagian dan penjelasannya.

1. Lampion Berdasarkan Bentuk

Lampion memiliki bentuk yang bermacam-macam. Paling tidak ada 11 macam lampion berdasarkan bentuknya. Beberapa jenis lampion berdasarkan bentuk antara lain: lampion oval, lampion bola, lampion silinder, lampion labu, lampion pagoda, lampion square, lampion wajik, lampion aladin, lampion leysus, lampion raksasa dan lampion berbentuk vas bunga. Bentuk dan ukuran lampion disesuaikan dengan acara dan kebutuhan.

2. Berdasarkan Bahan Dasar

Lampion juga bisa dibedakan berdasarkan bahan dasar yang digunakan. Berdasarkan bahan dasarnya, lampion bisa dibentuk menjadi lampion berbahan dasar sedotan, kertas tisu, balon udara, lampion dari benang, gelas lilin, karton toilet dan lain sebagainya.
Diantara beberapa jenis tersebut yang paling digemari adalah lampion benang. Lampion benang adalah lampion yang dibuat dari benang dan balon. Benang dililitkan ke balon sedemikian rupa sehingga menjadi kaku. Setelah jadi, lampion benang biasanya dijadikan sebagai lampu gantung.

3. Macam-macam Lampion Berdasarkan Peletakannya

Berdasarkan peletakannya, lampion bisa dibagi paling tidak menjadi tiga macam. Pertama, lampion yang digantung. Lampion ini biasa kita lihat saat perayaan imlek. Jenis lampion gantung juga sering dijadikan sebagai lampu hiasan atau lampu tambahan. Jenis yang kedua adalah lampion yang diletakkan. Lampion ini biasanya diletakkan saja di atas meja, lemari hingga perahu. Jenis lampion ini juga sangat digemari. Yang terakhir adalah lampion terbang. Lampion terbang adalah lampion yang dibuat untuk diterbangkan saat acara-acara tertetentu.
Yang akan kita bahas tepatnya adalah lampion terbang. Seperti yang disebutkan sebelumnya, lampion terbang (sky lantern) itu adalah lampion yang didesain untuk diterbangkan di udara. Biasanya bule-bule tuh yang bikin untuk ngerayain hari atau acara tertentu. Di luar negeri Sky lantern ini ada festivalnya juga lho.
Nah, hari ini kita akan membahas bagaimana caranya membuat lampion terbang tersebut. Mungkin lain waktu kita akan bahas jenis lampion yang lain. Lampion yang yang akan kita pelajari cara membuatnya adalah lampion terbang sederhana.
Bagaimana langkah-langkah untuk membuat lampion terbang? Yuk disimak kita ikuti secara bertahap.

Alat dan Bahan yang Harus Dipersiapkan Untuk Membuat Lampion Terbang

staff360.com.au
Berikut beberapa alat dan bahan yang harus kamu siapkan terlebih dahulu:
1.  Cutter atau pisau,
2. Tang, gunakan tang yang kecil aja agar mudah dalam penggunaan.
3. Gunting,
4.  Kertas. Gunakan kertas yang ringan. Kertas yang biasa digunakan adalah kertas untuk membuat layang-layang.
3. Kapas kurang lebih 10 gram
4. Lilin. Kapas dan lilin digunakan sebagai bahan bakar. Agar lebih mudah, kamu juga bisa menggunakan parafin. Parafin adalah jenis bahan bakar instan yang sering dipakai anak-anak pecinta alam kalau lagi hiking.
5. Kawat tembaga,
6. Lem atau double tip, dan yang terakhir
7. Bambu, lidi atau rotan.

Langkah-langkah Membuat Lampion Terbang

Setelah peralatan dan bahan tersebut sudah tersedia, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Bentuk kertas yang sudah disediakan sehingga berbentuk hati namun bagian bawahnya dipotong agar tidak meruncing. Ya namanya lampion bawahnya pasti bolong toh. Diameter kertas yang sudah berbentuk tadi sekitar 45cm dan tinggi sekitar 70cm. Kamu bisa mengatur bentuk dan ukuran sesuai keinginan kamu, ngga harus persis dengan tutorial ini.
2.  Potong bambu dengan diameter sekitar 1 cm dan panjang sekitar 1 meter. Raut hingga lebih bersih dan tipis. Kemudian bentuk menjadi bentuk lingkaran. Jika susah, bakar bagian tertentu dari bambu dengan lilin agar lebih mudah dibengkokkan. Ukuran panjang bambu ini menyesuaikan dengan seberapa besar ukuran lampion yang ingin kamu buat.
3. Pasang kawat di bambu yang sudah berbentuk lingkaran. Ikat di empat titik sehingga kawat membentuk tanda “+” di dalam lingkaran bambu tersebut. Gunakan tang untuk memudahkan.
4. Letakkan parafin di bagian tengah kawat yang sudah terpasang di lingkaran bambu. Asumsinya kita tidak menggunakan kapas dan lilin tapi menggunakan parafin.
5. Pasang double tip di beberapa titik pada kertas yang sudah berbentuk tadi sebagai perekat di bambu. Agar lebih kuat, pasanga double tip yang banyak. Kamu juga bisa menggunakan lem sebagai pengganti double tip.
6. Rekatkan bagian bawah kertas yang sudah berbentuk tadi dengan bambu sehingga membentuk lampion pada umumnya.
7. Taa daa, lampion sudah jadi dan siap diterbangkan. Jangan lupa dibakar dulu tapi parafinnya ya, hehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar